Selasa, 23 Juli 2013

LAPORAN PRAKTIKUM PERKEBANGAN HEWAN MEMBEDAKAN ALAT KELAMIN IKAN NILA


LAPORAN PRAKTIKUM PERKEBANGAN HEWAN
MEMBEDAKAN ALAT KELAMIN IKAN NILA
(Oreochromis niloticus)

 


Oleh
Ashari Romansah
NPM : 09220028




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) HAMZANWADI SELONG
2011/2012

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur Praktikan ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Praktik Perkembangan Hewan ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala.
Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Praktik ini adalah untuk melengkapi persyaratan mendapatkan nilai Praktikum Perkembangan Hewam.
Adapun penyusunan Laporan Praktik Perkembangan Hewam ini berdasarkan data-data yang Praktikan peroleh selama melakukan Praktek Hewam Ikan Nila, buku – buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing.
Praktikan menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik ini.

Peraktikan

BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Latar belakang diadakannya Praktikum Pengamatan Alat kelamin dan organ dalam pada ikan Nila ini adalah untuk menunjang mata kuliah Perkembangan Hewan. Dengan diadakannya praktikum ini, maka diharapkan praktikan dapat lebih memahami tentang materi yang diajarkan. Dalam praktikum kali ini akan dibahas mengenai perbedaan antara ikan nila jantan dan ikan nila betina khusunya pada saluran kelaminnya sehingga praktikan dapat melihat secara langsung anatomi eksternal dan internal dari ikan nila.
  1. Rumusan Masalah
Bagaimanakah anatomi dari ikan nila  baik dilihat secara internal?
  1. Tujuan
Tujuan diadakannya praktikum ini adalah untuk mengetahui, mempelajari dan memahami bentuk, struktur, fungsi serta susunan oragan dalam ikan nila.
  1. Manfaat
Manfaat dari praktikum ini adalah praktikan dapat mengetahui, mempelajari, dan memahami tentang struktur organ dalam ikan Nila secara langsung, sehingga para praktikan dapat terbantu dalam hal memahami organ dalam dari ikan nbila secara keseluruhan.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Pengertian Ikan
Ikan adalah organisme vertebrata yang hidup atau habitatnya berada di air, baik air tawar, air payau, maupun air laut (air asin).
Tubuh ikan terdiri atas caput, truncus, dan cauda, diantara mana   tidak ada batas yang nyata sebagai batas antara caput dan truncus dipandang tepi caudal operculum dan sebagai batas antara truncus dan ekor dipandang anus. Ikan-ikan yang dapat berenang cepat berbentuk seperti torpedo. Tetapi Cyprinus lebih pendek, lebih pipih kearah bilateral dan lebih lebar ka arah dorsoventral (Radiopoetra, 1996).
Pada bagian kepala ikan mas terdapat lubang mulut (moncong) yang dapat ditarik ke belekeng. Pada moncong terdapat tulang premaksila yang letaknya paling depan, maksila yang letaknya pada bagian belakang moncong, adimaksila yang letaknya pada bagian dorsal dan dentale yang merupakan tulang yang menyokong rahang bawah. Terdapat pula lekuk hidung yang letaknya disebelah atas di belakang mulut yang berfungsi sebagai indra penciuman. Mata yang terletak disebelah belakang lekuk hidung agak ke atas dan tidak mempunyai kelopak mata. Tutup insang yang tersusun dari empat potongan tulang yaitu operkulum (berupa tulang yang paling besar dan letaknya paling dorsal), preoperkulum (berupa tulang sempit yang melengkung seperti sabit dan terletak di bagian depan), interoperkulum (merupakan tulang sempit yang terletak diantara operkulum dan preoperkulum), serta tulang keempat yang dinamakan suboperkulum. Terdapat pula membrana brankhiostegi yaitu berupa selaput tipis yang melekat pada pinggiran tulang tutup insang sebelah belakang (Djunanda, 1982).
gambar 2.2 anatomi internal ikan (Campbell,2005)
BAB III
PELAKSANAAN PRAKTIKUM

A.    Waktu dan Tempat
Praktikum Pengamatan ikannila ini dilakukan pada hari sabtu, tanggal Nopember 2011, pada pukul 13.00 WIB dan bertempat di laboratorium biologi STKIP Hamzanwadi Selong.
B.     Alat dan Bahan
Pada praktikum kali ini alat-alat yang digunakan antara lain papan bedah, gunting, jarum, lembar pengamatan, alat tulis dan pinset. Sedangkan bahan yang digunakan yaitu ikan nila.

BAB IV
HASIL PEMBAHASAN

A.    Kelasifikasi Ikan Nila

Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Oreochromis niloticus
B.     Ciri Umum Ikan Nila
Tubuh berwarna kehitaman atau keabuan, dengan beberapa pita gelap melintang (belang) yang makin mengabur pada ikan dewasa. Ekor bergaris-garis tegak, 7-12 buah. Tenggorokan, sirip dada, sirip perut, sirip ekor dan ujung sirip punggung dengan warna merah atau kemerahan (atau kekuningan) ketika musim berbiak.ada garis linea literalis pada bagian truncus fungsinya adalah untuk alat keseimbangan ikan pada saat berenang
Ikan nila yang masih kecil belum tampak perbedaan alat kelaminnya. Setelah berat badannya mencapai 50 gram, dapat diketahui perbedaan antara jantan dan betina. Perbedaan antara ikan jantan dan betina dapat dilihat pada lubanggenitalnya dan juga ciri-ciri kelamin sekundernya. Pada ikan jantan, di samping lubang anus terdapat lubang genital yang berupa tonjolan kecil meruncing sebagai saluran pengeluaran kencing dan sperma. Tubuh ikan jantan juga berwarna lebih gelap, dengan tulang rahangmelebar ke belakang yang memberi kesan kokoh.sedangkan yang betina biasanya pada bagian perutnya besar.

C.    Membedakan Alat kelamin Jantan dan Betina pada Ikan Nila
Gambar 1. Sisi Ventral Tubuh Ikan Nila (Bocek & Gray, 2000)
Alat kelamin ikan nila jantan berupa satu lubang di papilla yang berfungsi sebagai muara urine dan sperma (urogenital pore) yang terletak setelah lubang anus. Sedangkan alat kelamin betina terdiri dari 2 lubang di papilla. Lubang yang satu untuk muara urine (ureter) dan yang lain untuk pengeluaran telur (oviduct), terletak setelah anus. Jadi pada ikan nila jantan terdapat dua lubang yaitu anus dan urogenital sedangkan betina terdapat 3 lubang yaitu anus, oviduct dan ureter.
D.    Hasil Pengamatan Ikan Nila
Gambar 2. Perbedaan Organ Kelamin Ikan Nila Jantan dan Betina. Ikan Nila Jantan pada Bagian Bawah dan Betina pada Bagian Atas


PENGAMATAN ORGAN DALAM IKANA NILA
Gambar srtuktur organ dalam ikan :
1.      Hati
2.      Perut
3.      Usus
4.      Jantung
5.      Berenang kandung kemih
6.      Ginjal
7.      Buah pelir
8.      Saluran kencing
9.      Duktus eferen
10.  Kandung kemih
11.  Insang

Ginjal
Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring darah dan mengambil sampah sisa metabolisme dari darah tersebut. Sampah metabolisme ini akan dikeluarkan dalam bentuk urine.  Bentuk ginjal pada ikan pada umumnya pipih, berbentuk memanjang, berwarna merah gelap dan terletak di bagian dorsal dari rongga perut, tepat di bagian ventral dari vertebrae. Secara histologi, ginjal tersusun dari tubula ginjal atau nephron. Ada 2 macam bentuk dari tubula ini dan dikenal dengan istilah “renal corpuscle yang berbentuk seperti corong” dan “convoluted corpuscle yang merupakan saluran yang bergulung-gulung”.  Renal corpuscle tersusun dari kapsula Bowman dan glomerulus. Pada ikan sakit/ kondisi yang tidak menguntungkan, sel-sel pada kapsula Bowman dan glomerulus ini akan mengalami degenerasi/ kerusakan.

Saluran pencernaan ikan (esofagus, lambung dan usus)
Pada dasarnya sistem penceranaan makanan pada ikan dimulai dari mulut, kemudian dilanjutkan dengan esofagus/ kerongkongan, lambung, usus dan anus.  Dinding kerongkongan, lambung dan usus ini tersusun dari lapisan otot memanjang dan melingkar. Pada beberapa jenis ikan , selain di usus, di bagian dalam dari dinding lambung terdapat tonjolan/ vili-vili yang berfungsi untuk mensekresikan enzim pencernaan dan menyerap makanan.  Pada keadaan yang abnormal, pada saluran pencernaan tersebut dapat dijumpai beberapa perubahan seperti odema, pembengkakan, nekrosis serta kerusakan/ hancurnya vili.
Hati
Hati pada ikan merupakan organ yang berukuran relatif besar. Organ ini terletak di sekeliling lambung. Hati berfungsi untuk mensekresikan cairan empedu dan merupakan tempat penyimpanan glikogen.  Selain itu hati berfungsi penting untuk melakukan berbagai proses biokimia seperti menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh ikan. Karena fungsinya inilah, hati merupakan organ yang rentan terhadap bahaya polutan ataupun materi beracun dari lingkungan. Kerusakan yang dijumpai pada hati antara lain berupa hemoragi/ pendarahan, kongesti dan degenerasi sel. Degenerasi sel ini dapat berupa degenerasi melemak, di mana pada jaringan hati yang rusak terisi lemak, sehingga pada waktu diwarnai dalam proses histologi, bagian yang terisi lemak tersebut nampak kosong dengan batas yang jelas. Selain itu sering pula dijumpai degenerasi hidrophyl (cloudy swelling), di mana ruang yang kosong terisi air. Pada waktu diwarnai, bagian yang terisi air tersebut terwarna pucat/ kusam dan tidak ada batas yang jelas, seolah-olah ada awan yang menutupi sehingga disebut dengan cloudy swelling.
Jantung
Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam sistem sirkulasi pada ikan. Jantung ikan ini terdiri dari  2 ruangan utama, yaitu atrium dan ventrikel. Atrium berfungsi untuk memompa darah ke dalam ventrikel, sedangkan ventrikel berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jaringan dinding atrium tersusun dari jaringan otot jantung yang longgar, sedangkan ventrikel tersusun dari jaringan otot jantung yang kompak/ padat. Abnormalitas yang sering dijumpai pada otot jantung adalah kongesti dan hemoragi.

Organ-organ
a.       Vesica natatoria (gelembung renang), ada 2 bagian anterior dan posterior, warna putih mengkilap, letaknya berdekatan dan sejajar dengan cavum vertebralis, berguna untuk timbul tenggelamnya ikan. Saluran untuk memasukkan dan mengeluarkan udara yang terentang dari oesophagus(batang tenggorok) ke vesica natatoria bagian posterior disebut ductus pneumaticus (pneumatocysticus).
b.      Mesonephros (ginjal – ren), terletak antara 2 bagian gelembung renang atau menempel vertebrae.
c.       Pronephros (ginjal – ren), di depan dari vesica natatoria
d.      Cor (jantung) terletak di bagian ventral, perhatikan bagian sinus venosus, atrium, ventrikel, bulbus arteriosus dan truncus arteriosus
e.       Gonad, warna kuning atau putih. Pada yang betina berisi telur, pada yang jantan berisi sperma. Letak gonad biasanya di sebelah ventral daripneumatocyst.
f.       Intestinum (usus), tampak berbelit-belit.
g.      Hepar (hati – liver), warna kemerahan. Vesica fellea (kantung empedu) berwarna hijau tua terletak di sebelah ventral dari lobus dekster hepar.


BAB V
PENUTUP
KESIMPULAN

Alat kelamin ikan nila jantan berupa satu lubang di papilla yang berfungsi sebagai muara urine dan sperma (urogenital pore) yang terletak setelah lubang anus. Sedangkan alat kelamin betina terdiri dari 2 lubang di papilla. Lubang yang satu untuk muara urine (ureter) dan yang lain untuk pengeluaran telur (oviduct), terletak setelah anus. Jadi pada ikan nila jantan terdapat dua lubang yaitu anus dan urogenital sedangkan betina terdapat 3 lubang yaitu anus, oviduct dan ureter.

DAFTAR PUSTAKA
Djunanda,Tatang,1982,Anatomi dari 4 Spesies Hewan Vertebrata,Bandung,Armico


Tidak ada komentar:

Posting Komentar